Jumat, 26 November 2010

KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Kepribadian merupakan suatu pola sikap yang mencerminkan sifat atau karakter seseorang. Kepribadian suatu bangsa dapat diartikan lebih luas lagi. Yaitu, suatu pola sikap yang mencerminkan sifat atau karakter suatu bangsa. Itu mencakup tingkah laku masyarakatnya, kebudayaannya, kekayaan alamnya, dsb. Disini, saya akan membahas tentang kepribadian bangsa timur. Bila berbicara tentang bangsa timur, saya akan langsung terbayang Indonesia. Negara yang terkenal dengan keindahan alamnya dan keramahan penduduknya.

Bangsa timur, dalam hal ini Indonesia, merupakan salah satu Negara dengan ribuan pulau yang memiliki keindahannya masing-masing. Ribuan pulau yang terpisah-pisah itu membuat orang-orang yang tinggal di satu pulau berbeda dengan orang-orang yang tinggal di pulau lain. Perbedaan itu bisa dalam hal berpakaian, bertutur kata/bahasa, dan tingkah laku. Perbedaan itu memunculkan keanekaragaman budaya di Indonesia. Contohnya, orang yang lahir dan tinggal di Medan akan berbeda dengan orang yang lahir dan tinggal di Bali. Tapi walaupun mereka berbeda suku, mereka tetap satu karena daerah mereka tergabung dalam NKRI. Hal ini mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia yang meskipun berbeda namun tetap satu.

Bangsa timur, khususnya Negara Indonesia juga masih mempercayai hal-hal mistik. Ini di buktikan dengan adanya beberapa kesenian tradisional yang mempunyai unsur mistik tersebut. Contohnya, seperti kesenian tari kuda lumping. Tarian kuda lumping membuat seseorang dapat memakan beling atau mengupas kulit kelapa yang kering dengan gigi setelah sebelumnya dibacakan mantra-mantra. Hal itu jelas berada di luar rasio manusia. Hal lainnya adalah upacara memandikan benda-benda pusaka/keramat yang disimpan di keraton/kerajaan di daerah masing-masing. Hal tersebut dilakukan karena masyarakat sekitar masih mempercayai bahwa benda-benda tersebut memiliki kekuatan gaib dan harus dirawat agar tidak menimbulkan malapetaka/bencana bagi si pemilik atau orang-orang disekitarnya.

2 hal yang saya uraikan di atas merupakan sedikit hal yang mencerminkan bangsa Indonesia yang dalam hal ini sebagai bagian dari bangsa timur. Banyaknya budaya, sifat, tingkah laku dan pola pikir masyarakatnya yang berbeda-beda tidak memungkinkan saya menguraikan lebih lengkap lagi tentang bangsa Indonesia. Namun saya harap, 2 hal yang saya uraikan di atas dapat menambah pengetahuan pembaca akan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar