Jumat, 30 September 2011

IP Address, Domain, dan Name Server

banyak orang yang menggunakan internet tetapi tidak mengerti hal-hal kecil yang berkaitan dengan internet seperti ip address, domain, dan name server. berikut akan saya bagikan ilmu yang saya ketahui tentang ip address, domain, dan name server.


Pertama adalah IP Address. Ip address merupakan singkatan dari Internet Protokol (IP) Address atau dalam bahasa indonesianya berarti alamat internet protokol. Seperti alamat rumah, IP Address merupakan suatu cara untuk mengetahui asal atau alamat suatu komputer berupa system penomoran masing-masing komputer yang bersifat unik atau tidak sama. System penomoran itu sendiri terdiri dari empat bagian yang dipisahkan oleh titik, contohnya 202.155.245.2
Setiap komputer  yang terhubung ke internet memiliki IP Address ini. Fungsinya adalah untuk melacak asal komputer tersebut dengan mengetahui asal Negara dan kota asal komputer tersebut. Dengan kata lain, ketika anda berseluncur di dunia maya, misalnya ketika mengirim email, menghacking komputer orang lain dan sebagainya, maka seseorang diluar sana bisa mengetahui lokasi anda yang sebenarnya dari IP address tersebut.



Yang kedua adalah domain. Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal dengan IP Address. Nama domain juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web, contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut juga dengan istilah URL atau alamat website.


Yang ketiga adalah name server. Name server adalah bagian dari hosting. Name server merupakan sekumpulan angka unik dan dimiliki oleh pemilik website. Jadi setiap domain memiliki name server yang berbeda pada hosting untuk membedakan domain kita dengan domain orang lain

sumber:
http://kutak-ketik.blogspot.com/2009/12/cara-merubah-ip-address-dan-pengertian.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Nama_domain
http://carasetting.com/pengertian-domain-url-hosting-name-server-dan-penjelasannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar