Minggu, 18 Maret 2012

Tentang Kesehatan Mental


Apa sih kesehatan mental itu?

Ilmu kesehatan mental merupakan terjemahan dari istilah mental hygiene. Mental (dari kata Latin: mens, mentis) berarti jiwa, nyawa, sukma, roh, semangat, sedangkan hygiene (dari kata Yunani: hugiene) berarti ilmu tentang kesehatan. Mental hygiene sering juga disbut psikohygiene. Psyche (dari kata Yunani: psucho) berarti napas, asas kehidupan, hidup, jiwa, roh, semangat. Ada orang yang membedakan antara mental hygiene dan psikohygiene. Mental hygiene menitikberatkan manusia sebagai totalitas psikofisik atau psikosomatik. Selanjutnya, kedua istilah itu disamakan karena ilmu kesehatan mental itu adalah ilmu yang membicarakan kehidupan mental manusia dengan memandang manusia sebagai totalitas psikofisik yang kompleks.
Beberapa definisi kesehatan mental:
  1.  Alexander Schneiders : Ilmu kesehata mental adalah ilmu yang mengembangkan dan menerapkan seperangkat prinsip yang praktis dan bbertujuan untuk mencapai dan memelihara kesejahteraan psikologis organisme manusia dan mencegah ganggguan mental  serta ketidakmampuan menyesuaikan diri.
  2. Howard Bernard : Ilmu kesehatan mental adalah suatu program yang dipakai dan diikuti seseorang untuk mencapai penyesuaian diri.
  3. D.B. Klein          : Ilmu kesehatan mental itu adalah ilmu yang bertujuan untuk mencegah penyakit mental dan meningkatkan kesehatan mental.
  4. Louis P. Thorpe  : Ilmu kesehatan mental adalah tahap psikologi yang bertujuan untuk mencapai dan memelihara kesehatan mental.
Kesimpulannya, ilmu tentang kesehatan mental ini berbicara mengenai pemakaian dan penerapan seperangkat prinsip kesehatan yang bertujuan untuk mencegah ketidakmampuan menyesuaikan diri serta meningkatkan kesehatan mental. Ilmu ini bersifat preventif dan tujuannya yang utama adalah untuk memelihara kesehatan dan efisiensi mental.

Penting gak sih ilmu kesehatan mental itu?

  1. Ilmu kesehatan mental sangat bernilai dalam membantu seseorang untuk memahami dirinya sendiri dengan lebih baik.
  2. Ilmu kesehatan mental memberikan mekanisme motivasi dan tingkah laku manusia yang bisa diterapkan di ilmu kedokteran dan keperawatan. Selain itu, bisa digunakan oleh orangtua dan guru dalam menghadapi remaja sesuai dengan masa perkembangannya.
  3. Ilmu kesehatan mental dapat memberikan banyak cara preventif (pencegahan) dan juga cara pengobatan yang akan membantu mengurangi banyak masalah sosial yang kompleks dan berat yang disebabkan oleh kenakalan/kejahatan, alkoholisme, dan ketidakmampuan menyesuaikan diri, baik yang ringan maupun yang berat.
Soo,, menurut aku sii penting. Gimana dengan kamu? :)

Sekarang kita omongin pendekatan-pendekatannya nii. Kalo menurut sumber sii ada banyak pendekatan, tapi yang lazim digunakan cuma 3. Yuk,, dibahas satu-satu...
  1. Yang pertama namanya pendekatan preventif. Pendekatan preventif adalah pendekatan yang pertama-tama berusaha mencegah gangguan-gangguan mental yang ringan dan yang dapat menimbulkan psikosis-psikosis yang sebenarnya. Psikosis itu adalah suatu kumpulan gejala/terdapatnya gangguan fungsi mental, respon perasaan, daya nilai realitas, komunikasi dan hubungan antara individu dengan lingkungannya.
  2. Yang kedua namanya pendekatan terapeutik. Pendekatan terapeutik adalah perbaikan ketidakmampuan menyesuaikan diri yang ringan dalam tingkah laku sehingga tidak berkembang menjadi hambatan-hambatan yang berat. Ketidakmampuan menyesuaikan diri ini mungkin terjadi bertepatan dengan perubahan lingkungan sosial dan pribadi seseorang.
  3. Yang ketiga namanya pendekatan kuratif yang dikenal juga sebagai psikiatri preventif. Pendekatan kuratif ini sudah mencakup prkatek-praktek yang dilakukan untuk menemukan dan memperbaiki ketidakmampuan menyesuaikan diri yang berat dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit.
Ada kaitannya gak sii ilmu kesehatan mental ini dengan ilmu psikologi?

Hampir semua bidang psikologi turut memberi sumbangan bagi usaha ilmu kesehatan mental. Diantaranya akan dijelaskan di bawah ini :):):)
  1. Psikologi anak yang menyelidiki anak dari masa pranatal sampai masa remaja memperkenalkan kondisi-kondisi yang berbeda dalam perkembangan emosi dan mental anak kepada para ahli ilmu kesehatan mental.
  2. Psikologi abnormal ayng menangani penyimpangan-penyimpangan dalam tingkah laku manusia membantu memberikan wawasan kepada ahli ilmu kesehatan mental mengenai fakta tentang penyebab-penyebab dari gangguan kepribadian.
  3. Psikologi pendidikan dapat memberikan pemahaman kepada para mahasiswa ilmu kesehatan mental mengenai pengaruh pengalaman-pengalaman sekolah terhadap kesehatan mental. Karena menerapkan prinsip-prinsip ilmu kesehatan merupakan suatu segi dalam cara belajar, maka pengetahuan efektif tentang proses belajar merupakan sumbangan yang sangat penting dari psikologi pendidikan bagi ilmu kesehatan mental dalam mencari usaha yang yang efektif untuk mencegah penyakit mental dan membina kesehatan mental.
  4. Psikologi klinis berusaha menentukan kemampuan-kemampuan dan ciri-ciri khas seorang individu dengan menggunakan bermacam-macam metode pengukuran, analisis, dan observasi. Kemudian hasil yang diperoleh dapat dijadikan acuan dalam memberikan saran-saran yang tepat dari individu yang bersangkutan. Psikolog klinis adalah seorang spesialis yang mendapat pendidikan di perguruan tinggi dan memenuhi syarat untuk menguji dan menggunakan cara-cara psikoterapeutik bagi orang-orang yang memperlihatkan penyimpangan kepribadian. Psikolog klinis juga terlatih menggunakan tes-tes psikologi. Psikolog klinis melakukan sebagian besar tugasnya dalam klinik psikiatri dan ia memberikan sumbangan yang besar bagi keberhasilan dari setiap program ilmu kesehatan mental.

Udah mulai kebayang dong kesehatan mental itu apa??? Walaupun jauh dari kesempurnaan,, tapi semoga bisa bermanfaat. :):):)

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar