Selasa, 31 Desember 2013

KOMPUTERISASI TES PSIKOLOGI



APLIKASI SIMULATOR PSIKOTES BERBASIS WEB STUDI KASUS LEMBAGA PSIKOLOGI BINA DARMA

Abstrak
Tes psikologi atau psikotes pada dasarnya merupakan suatu upaya diagnostik dengan alat-alat ukur tertentu yang diciptakan oleh para pakar psikologi untuk mengungkap gambaran potensi yang dimiliki oleh seseorang atau untuk membedakan perilaku seseorang dengan orang lain melalui pemberian persoalan-persoalan tertentu. Tidak semua tes psikologis dapat dengan mudah dikomputerisasi, seperti halnya mengkomputerisasi sebuah, katakanlah aplikasi akuntansi, yang dapat dengan mudah dibuatkan model matematisnya. Paling tidak, harus diakui bahwa pada saat ini, masih sedikit sekali tes psikologis di Indonesia yang sudah terkomputerisasi dengan baik. Kebanyakan dari tes-tes tersebut masih harus dinilai dan dianalisasi secara manual, yang akan memakan waktu lama bila peserta tes berjumlah puluhan orang atau bahkan ratusan orang. Hal ini akan merepotkan apabila tes ini dimaksudkan misalnya untuk keperluan Recruitment, terutama bila perusahaan yang bersangkutan membutuhkan hasil tes secepat dan seakurat mungkin. Melihat latar belakang tersebut, penulis ingin membantu dan memberikan solusi mudah dengan memanfaatkan media internet yang merupakan ladang informasi dan media yang sangat bermanfaat bagi semua orang. Khususnya bagi pelamar kerja yang ingin mencari, mengirim dan mendaftar lamaran kerja ke tempat yang diinginkannya, untuk merancang dan membuat sebuah situs atau website Pengembangan Aplikasi Psikotes Online Berbasis Web yang bisa mengetahui kepribadian dan mengukur tingkat kecerdasaan seseorang secara online. Website ini bertujuan untuk memudahkan dan memberikan gambaran umum tentang tes kepribadian dan psikotes, pada saat menghadapi tes yang sesungguhnya, di perusahaan yang ingin dilamar. Selain itu, administrator juga dapat memilih tes-tes apa saja yang ingin dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan.Website ini bertujuan untuk memudahkan peserta dalam mengerjakan tes, serta memudahkan administrator dalam mengelola tes dan soal untuk menyelenggarakan psikotes. 
KLIK DISINI untuk lebih lengkapnya
Kata Kunci : Psikotest, Web

PROSES PENGERJAAN TES
  1. Pertama-tama, user akan diperlihatkan dengan halaman login terlebih dahulu. Pada halaman ini, user harus mengisi username dan password.
  2. Setelah user login, user akan melihat tampilan halaman home. Pada halaman home, akan ditampilkan beberapa informasi mengenai psikotes dan tujuan dari psikotes. Dengan adanya tampilan ini, diharapkan user dapat memahami maksud dan tujuan dari psikotes.
  3. Apabila user meng-klik tab PETUNJUK di samping kanan tab BERANDA, user akan melihat tampilan dari halaman petunjuk. Dengan melihat dan membaca isi dari halaman petunjuk ini, user dapat memahami cara mengerjakan soal psikotes dengan baik dan benar.
  4. Di samping kanan tab PETUNJUK terdapat tab KERJAKAN SOAL. Saat user meng-klik tab KERJAKAN SOAL, maka akan keluar halaman kerjakan soal. Pada halaman ini terdapat 3 kelompok soal, yaitu kecerdasan verbal, kecerdasan numerik, dan kecerdasan spasial. Tiap kelompok soal ini memiliki tombol mulai dimana tiap tombol akan membuka soal-soal sesuai dengan judul soal tersebut.   
Untuk skripsi lebih lengkapnya bisa KLIK DISINI 


SUMBER 




1 komentar: